Friday, September 1, 2017

Apa itu Gizi



Apa itu Gizi

Kali ini penulis akan membahas tentang apa itu gizi, berhubung judul blognya adalah resep dan gizi :D. Nama Gizi sendiri berasal dari bahasa Arab giza yang berarti zat makanan dan dalam bahasa inggris disebut nutrition. Gizi adalah proses suatu organisme memanfaatkan makanan yang dikonsumsi secara normal lewat proses pencernaan, penyerapan, transportasi, metabolisme, penyimpanan, dan pengeluaran zat gizi dalam rangka menghasilkan tenaga/ energi, mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal organ tubuh (Djoko Pekik Irianto, 2006).

Zat gizi adalah ikatan kimia yang dibutuhkan tubuh kita untuk melakukan fungsinya yaitu menghasilkan energi, membangun dan memelihara jaringan tubuh serta dalam mengatur proses kehidupan. Zat gizi terbagi dua yaitu:
  •       Zat gizi makro (karbohidrat, protein dan lemak)
  •       Zat gizi mikro (vitamin dan mineral)


Gizi Sembang??
                Apa yang dimaksud gizi seimbang? Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor41 Tahun 2014 bahwa gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktifitas fisik, perilaku hidup bersih dan memantau berat badan secara teratur untuk mempertahankan berat badan normal agar tidak mengalami masalah gizi.



terdapat 10 Pesan Gizi Seimbang berdasarkan Kementerian Kesehatan RI, yaitu:



secara ringkas untuk memenuhi asupan makanan sehari-hari dapat menerapkan aturan Piring Makanku dengan mengonsumsi lima kelompok pangan setiap hari atau setiap kali makan yaitu sebagaimana di gambar berikut.




Apa itu kebutuhan energi?

Setiap manusia membutuhkan energi untuk beraktifitas sehari-hari dan bagi pemeliharaan kesehatan seseorang. Menurut Food and Agricultural Organization / World Health Organization (1985) bahwa energi diperlukan untuk memelihara aktifitas fisik yang dibutuhkan secara sosial dan ekonomi. Kebutuhan energi seseorang tergantung dari ukuran, komposisi tubuh dgn tingkat aktivitasnya. Nilai energi suatu makanan tergantung dari kandungan karbohidrat, protein dan lemak yang terkandung dalam makanan tersebut. Ukurannya adalah satuan kalori, dengan ketentuan:

1 gram karbohidrat = 4 kalori

1 gram protein  = 4 kalori

1 gram lemak = 9 kalori



Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 75 tahun 2013 tentangAngka Kecukupan Gizi yang dianjurkan bagi bangsa Indonesia tertulis bahwa Angka Kecukupan Gizi (AKG) adalah kebutuhan zat gizi rata-rata masyarakat Indonesia berdasarkan jenis kelamin, umur, ukuran tubuh dan aktifitas setiap orang untuk mencapai derajat kesehatan optimal. Rata-rata kebutuhan energi dan protein penduduk Indonesia adalah 2150 kilo kalori (kkal) dan 57 gram sehari/orang. Dalam peraturan menteri kesehatan tentang AKG tersebut tercantum kebutuhan gizi seseorang mulai bayi sampai lansia serta kebutuhan zat gizi bagi kelompok khusus yaitu ibu hamil dan ibu menyusui. Angka kecukupan gizi (AKG) yang tercantum meliputi kebutuhan energi, karbohidrat, protein, lemak, serat dan air. Selain itu juga tercantum angka kecukupan vitamin harian (vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, folat, vitamin B12, biotin, kolin dan vitamin C) serta angka kecukupan mineral harian (kalsium, fosfor, magnesium, natrium, kalium, mangan, tembaga, kromium, besi, iodium, seng, selenium, dan flour).

Yaps, sekian bahasan ringkas tentang gizi, energi dan gizi seimbang, semoga dapat membantu teman-teman semua dalam memahami dasar tentang gizi. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja jenis, manfaat dan sumber zat gizi, silahkan klik disini. Thx for coming to my blog :)



No comments:

Post a Comment