Monday, September 11, 2017

Apa itu MP-ASI dan yang lagi Hits MP-ASI Menu 4 Bintang??




Seorang bayi yang terlahir di dunia, sesaat setelah ia lahir harus segera diberikan ASI (Air Susu Ibu) yang mana ibu, keluarga dan penolong persalinan harus mendukung Ibu untuk segera menyusui bayi atau disebut Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Jadi ibu-ibu sekalian atau calon ibu yang pastikan kelak nanti melahirkan di fasilitas persalinan (tempat Praktek Bidan, Poskedes/ Polindes, Puskesmas Bersalin, atau Rumah Sakit) yang mendukung IMD ini. ASI yang keluar pertama kali disebut kolostrum, nah.. kolostrum ini merupakan ASI yang berwarna agak kuning tetapi memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap untuk bayi Bunda...
                Bayi diberikan ASI saja selama 6 bulan disebut juga ASI Eksklusif. Kemudian, setelah 6 bulan, bayi tetap diberikan ASI ditambah Makanan Pendamping ASI atau disebut MP-ASI. MP-ASI diberikan pada balita usia 6-24 bulan, karena ASI saja sudah tidak cukup. Usia diatas 6 bulan merupakan usia rentan bayi mengalami malnutrisi/ gizi buruk apabila anak kurang asupan gizi. Pemberian MP-ASI harus disesuaikan dengan usia anak, jumlah, frekuensi, konsistensi dan variasi jenis makanan untuk pertumbuhan anak. Selain itu, penyiapan makanan untuk bayipun juga harus higienis dan butuh perhatian khusus dari ibu atau pengasuh anak agar anak semangat makan makanan yang bergizi.

                Rekomendasi WHO bagi pemberian MP-ASI yaitu:



Akhir-akhir ini juga sedang hits “Menu 4 Bintang” atau 4 Star Diet Plan anjuran WHO. Iseng-iseng saja telusuri memang WHO memberikan panduan bagi pemberian MP-ASI pada anak yang terdiri dari 1) Karbohidrat 2)protein hewani 3)Protein Nabati 4) Sayur 5)Lemak + snack bergizi, lebih lengkap dari istilah Menu 4 Bintang tetapi tujuannya sama yaitu sama-sama ingin membuat anak ibu sehat dan dapat tumbuh kembang dengan optimal. Istilah Menu 4 Bintang sendiri berasal dari suatu rencana (istilah kerennya action plan) yang dimuat dalam Forum pertemuan antara Kementerian Kesehatan Nigeria dan Nestle Nigeria PLC tanggal 3 Agustus 2015. Dalam forum ini dibentuklah National Nutrition Green Ribbon Campaign dengan fokus pada pemberian ASI Eksklusif dan Menu 4 Bitang setelah 6 ulan bayi diberi ASI Eksklusif.
                Hal ini diawali dari kegelisahan di negara tersebut karena fakta bahwa gizi buruk adalah penyebab utama sekitar 50% kematian balita dan banyak ibu yang positif HIV kemudian mendapatkan terapi retroviral tetapi bagaimana caranya agar ibu-ibu tersebut bisa menyusi bayi tanpa menyebarkan virus HIV-nya ke bayi. Demikian sekilas adanya menu 4 bintang tersebut ya teman-teman sekalian, jangan banyak-banyak cerita sejarah, nanti teman-teman ada bosen hehe.. tetapi intinya dari WHO sendiri mesti fokus pada pemberian MP-ASI di 5+1 poin, apa saja? Yaitu 1) Karbohidrat 2)protein hewani 3)Protein Nabati 4) Sayur 5)Lemak + snack bergizi. Berikut beberapa contoh Menu MP-ASI.

Sumber :
  • Complementary Feeding  for Children Aged 6-23 months (a Recipe Book For Mother and Caregivers), FAO 2011
  • m.guardian.ng/features/science/bppsting-maternal-child-nutrition/
  • http://maternitynest.com/malnutrition-four-star-diet-plan/
  • http://www.who.int/nutrition/topics/complementary_feeding/en/

No comments:

Post a Comment